You are here
Home > Berita dan Informasi > PELATIHAN ANALIS KREDIT MIKRO BANK NAGARI

PELATIHAN ANALIS KREDIT MIKRO BANK NAGARI

Potensi bisnis pertanian dan peternakan sangat terbuka lebar di Indonesia. Dari sekian hasil petanian dan peternakan adalah kebutuhan primer yang sangat wajib untuk dikonsumsi oleh masyarakat. Keadaan ini yang sebenarnya harus dimanfaatkan oleh orang yang mampu dan mau mengelola pertanian secara profesional. Pembangunan sektor pertanian dan peternakan memiliki peranan strategis dalam struktur pembangunan perekonomian nasional Indonesia. Indonesia pun memiliki potensi untuk mewujudkannya. Lahan yang subur juga merupakan modal yang sangat potensial untuk menjadikan pertanian dan peternakan Indonesia sebagai sumber penghasilan bagi masyarakatnya dan juga penopang perekonomian bangsa. Sejalan dengan meningkatnya jumlah penduduk dan rata kualitas hidup masyarakat serta semakin tingginya kesadaran dari masyarakat untuk mengonsumsi pangan dengan kualitas baik dan kuantitas yang cukup.

 

Khususnya di Sumatera Barat, bidang pertanian dan peternakan seperti yang disebutkan di atas merupakan salah satu sasaran utama penyaluran KUR oleh Bank Nagari. KUR terbukti berperan optimal menggerakkan pertumbuhan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), sehingga berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi daerah. Adapun, angka penyaluran KUR di daerah per Agustus 2016 sudah menyentuh Rp2,38 triliun atau meningkat 225% dari tahun sebelumnya sebesar Rp733 miliar melalui tiga bank milik pemerintah. Peningkatan penyaluran KUR itu ditopang kebijakan pemerintah guna memperkuat permodalan UMKM, terutama dengan subsidi bunga hanya 9%.

Minangkabau Business School and Entrepreneurship Center (MBS-EC) merasa perlu untuk berkontribusi dalam meningkatkan kapasitas elemen terkait penyaluran dana KUR seperti Analis Kredit Mikro dan Petugas Kredit Mikro Bank Nagari dalam penilaian kelayakan bisnis pertanian dan peternakan. MBS-EC bersama Bank Nagari telah mengadakan pelatihan mengenai peningkatan potensi ekonomi melalui pengoptimalan penilaian proposal bisnis pengembangan usaha dan start-up bisnis peternakan untuk analis kredit mikro Bank Nagari. Tema dari kegiatan tersebut adalah Mengoptimalkan Potensi Ekonomi Lokal untuk Mendorong Perkembangan Wirausaha di Wilayah Kerja Bank Nagari.

Materi yang disajikan dalam pelatihan tersebut di antaranya adalah :

  1. Perkembangan Bisnis Pangan Indonesia dan Prospeknya Sebagai Sasaran Kredit Perbankan.
  2. Status dan Perkembangan Bisnis Pangan Indonesia
  3. Aspek Sosial Ekonomi Pertanian
  4. Bisnis Pertanian Tanaman Pangan, Hortikultura, Perikanan, Peternakan, Agrowisata, dan Agroindustri
  5. Sosiologi Pedesaan dan Dinamika Kelompok

Pelatihan tersebut dilaksanakan pada tanggal 20 – 24 Februari 2017 lalu di Balai Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (ITC Payakumbuh). Peserta pelatihan adalah Pimpinan Seksi Kredit Cabang dan Petugas Kredit Mikro Cabang Bank Nagari di Sumatera Barat. Jumlah peserta adalah 54 orang.

Hidayatul Rinaldi (Pemsie Kredit Cabang Ujung Gading) menyatakan bahwa pelatihan tersebut sangat bagus dan berhubungan dengan program KUR untuk sektor 1 dan 2 yang akan disalurkan.

 

(Post by : @Primaveraisme)

One thought on “PELATIHAN ANALIS KREDIT MIKRO BANK NAGARI

Leave a Reply

Top

Satu-satunya cara untuk melakukan pekerjaan hebat adalah Cintai apa yang anda lakukan.

Steve Jobs
(1955 – 2011)

Like dan Share ya….